Tips: Apa Itu Kacang Hijau Dan Kandungan Gizinya?

Apa itu kacang hijau dan kandungan gizinya
Picture by Google

Tips: Apa Itu Kacang Hijau Dan Kandungan Gizinya, kacang hijau merupakan pangan yang cukup populer serta memiliki kandungan gizi yang tinggi. Pada artikel yang sedang anda baca ini saya akan berbagi informasi mengenai kacang hijau dan kandungan gizinya agar kita tidak hanya mengetahui kacang hijau sebagai panganan yang lezat, tetapi juga mengetahui nilai gizinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Apa Itu Kacang Hijau? mungkin itu pertanyaan awal yang muncul di benak kita. Kacang hijau merupakan kacang yang termasuk ke dalam jenis polong-polongan. Kacang hijau dapat di olah menjadi berbagai macam pangan olahan seperti bubur kacang hijau, kolak kacang hijau, onde-onde kacang hijau, kue kacang hijau, susu kacang hijau, tepung kacang hijau, dan lainnya. Kacang hijau tidak hanya lezat tetapi juga sehat.

Banyak sekali manfaat kacang hijau yang bisa kita ambil. Dan untuk mendapatkan manfaat kacang hijau secara maksimal, kita bisa mengolahnya menjadi kecambah kacang hijau, karena kandungan gizinya akan jauh lebih tinggi bila dibandingkan saat masih menjadi kacang hijau. 

Kacang hijau dikatakan menyehatkan karena kacang hijau mengandung berbagai sumber nutrisi dan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda baca informasi mengenai berbagai macam kandungan gizi dari kacang hijau berikut ini.

Kandungan Gizi Kacang Hijau

1. Tinggi Kandungan Serat
Kacang hijau yang selama ini kita kenal ternyata memiliki kandungan serat yang tinggi yaitu sekitar 7,6 gr/100 gr. Dengan kandungan serat sebesar ini anda dapat mencukupi kebutuhan serat harian anda sebesar 30%. Perlu diketahui bahwa serat sangat berguna untuk membantu memperlancar pencernaan dan mencegah konstipasi atau sembelit.

2. Rendah Lemak
Kacang hijau memiliki kandungan lemak yang rendah, bahkan bisa dibilang hampir tidak memiliki kandungan lemak. Kadar lemak pada makanan dapat membuat makanan tersebut cepat tengik. Dengan kandungan lemaknya yang rendah tentu saja membuat makanan dan minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik. Selain itu dengan kadar lemaknya yang rendah, kacang hijau sangat cocok untuk orang-orang yang biasa menghindari konsumsi lemak tinggi.

3. Rendah Karbohidrat
Kacang hijau juga sangat pas untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet. Hal ini ini dikarenakan kacang hijau memiliki kandungan karbohidrat yang rendah yaitu sekitar 19 gr/ 100 gr.

4. Tinggi Kandungan Protein
Kacang hijau merupakan pangan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi yaitu sekitar 7 gr/ 100 gr. Tentunya hal ini menjadikan kacang hijau sebagai alternatif sumber protein nabati. Protein nabati yang terkandung pada kacang hijau memiliki asam amino lengkap. Sedangkan ketika kacang hijau sudah berubah menjadi kecambah kacang hijau, kandungan proteinnya sudah berkurang menjadi 3 gr/ 100 gr, akan tetapi asam aminonya sebagian berumah ke dalam bentuk bebas yang cepat diserap tubuh.

5. Kaya Akan Enzim Aktif
Kacang hijau ternyata kaya akan enzim aktif dan biasanya terdapat pada kacang hijau yang sedang dalam masa perkecambahan. Kecambah kacang hijau kaya akan enzim aktif seperti amylase yang dapat meningkatkan penyerapan dan pembentukan energi. Enzim ini akan rusak pada suhu di atas 400 derajat Celcius, oleh karena itu hindarilah memasak kecambah kacang hijau dengan suhu tinggi.

6. Kaya Akan Mineral
Kacang hijau ternyata memiliki kekayaan akan mineral. Perlu diketahui bahwa di dalam 100 gr kacang hijau, mengandung 266 mg potasium, 99 mg phosphorus, 48 mg manganese, 27 mg kalsium, 0,3 mg magnesium, 1,4 mg besi, 0,8 mg zinc dan 2,5 mikro gram selenium.

7. Kaya Akan Antioksidan
Kacang hijau akan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi bila telah mengalami proses kecambah. perlu diketahui, dalam 100 gr kecambah kacang hijau memiliki kandungan 15 gr phytosterol. Nah, phytosterol inilah yang berfungsi sebagai antioksidan.

8. Mengandung Asam Lemak Esensial
Kacang hijau juga mengandung asam lemak esensial. Dan asam lemak esensial yang dikandungnya adalah omega-3. Untuk diketahui, dalam 100 mg kacang hijau mengandung 0,9 mg omega-3 dan 119 mg omega-6. Omega-3 sendiri merupakan asam lemak yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

9.  Kaya Akan Vitamin
Pada kacang hijau terdapat asam folat dan vitamin B1 ( thiamin) yang cukup tinggi. Pada 100 mg kacang hijau terdapat 159 mikro gram asam folat dan 0,2 mg thiamin. Selain itu juga masih banyak vitamin B lainnya seperti riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin. Vitamin-vitamin yang terkandung pada kacang hijau sangat membantu dalam meningkatkan energi dan metabolisme dalam tubuh.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat tabel kandungan gizi kacang hijau pada gambar berikut ini.

tabel kandungan gizi kacang hijau
Picture by Google

Nah sobat sekalian, itulah beberapa penjelasan mengenai kacang hijau dan kandungan gizinya. Semoga artikel Tips Apa Itu Kacang Hijau Dan Kandungan Gizinya di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai Tips Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh. Terima kasih atas kunjungan anda dan selalulah bekerja keras.


Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku

Belum ada komentar untuk "Tips: Apa Itu Kacang Hijau Dan Kandungan Gizinya?"

Post a Comment