Tips Cara Membuat Keripik Nangka Gurih Dan Renyah

Tips Cara Membuat Keripik Nangka Gurih Dan Renyah
Picture by Google

Tips Cara Membuat Keripik Nangka Gurih Dan Renyah, banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk mengolah buah nangka, salah satunya adalah dengan mengolah buah nangka menjadi keripik nangka. Melalui artikel berikut ini saya mencoba untuk berbagi tips mengenai cara membuat keripik nangka yang gurih dan renyah. Semoga dengan mengetahui tips ini menjadi salah satu pilihan anda untuk mengolah buah nangka.

Untuk membuat keripik nangka kita membutuhkan nangka dengan kualitas terbaik agar hasil keripik yang kita buat juga baik. Untuk itu kita perlu mengetahui cara memilih nangka terbaik. Agar anda dapat memilih nangka terbaik dengan mudah, anda bisa membaca artikel yang telah saya posting sebelumnya mengenai cara memilih nangka kualitas terbaik.

Mungkin selama ini kita telah mengetahui kalau buah nangka bisa diolah menjadi keripik nangka, hanya saja kita tidak mengetahui cara membuatnya sehingga kita pun menganggap cara membuat keripik nangka itu sangat suit. Padahal sebaliknya, cara membuat keripik nangka itu sangat mudah. Jika anda tidak percaya silahkan saja anda baca cara membuat keripik nangka berikut ini.

Bahan:
1. 1 Kg daging buah nangka segar yang tidak terlalu matang atau mengkal
2. 1 1/2 liter air bersih
3. 75 gram garam dapur yang beryodium
4. 150 gram gula pasir
5. 100 gram kapur sirih yang telah dilarutkan (air kapur sirih)
6. 2 liter minyak goreng

Cara Membuat Keripik Nangka

1. Belahlah daging buah nangka kemudian sisihkan bijinya, bijinya nanti bisa kita olah menjadi tepung biji nangka.

2. Potonglah kedua ujung daging buah nangka yang telah dibelah. Atau jika dirasa masih terlalu besar anda bisa memotongnya lagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Namun jangan terlalu kecil sebab nantinya ukuran nangka akan menyusut seiring kadar airnya yang berkurang.

3. Rendamlah daging buah nangka yang telah di potong-potong ke dalam air kapur sirih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan getah dari buah nangka yang masih melekat pada daging buah.

4. Selanjutnya cuci bersih buah nangka, bila perlu dengan air mengalir. Kemudian tiriskan hingga benar-benar kering.

5. Masukkan daging buah nangka ke dalam mesin vacuum frying (mesin penggoreng hampa udara), goreng menggunakan minyak yang banyak dan terlebih dahulu dipanaskan dengan suhu yang tidak melebihi 90 derajat Celcius. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kadar air pada daging buah nangka, sehingga keripik yang kita hasilkan akan gurih dan renyah.

6. Goreng hingga matang dengan tanda buih semakin berkurang dan menghilang.

7. Angkatlah buah nangka yang telah matang kemudian tiriskan. Anda juga dapat menggunakan mesin peniris minyak. Penirisan ini bertujuan agar keripik nangka yang kita buat tidak cepat tengik.

8. Simpanlah keripik nangka pada wadah yang kedap udara, hal ini bertujuan agar kerenyahan dari keripik nangka tetap terjaga.

9. Bagi anda yang tidak memiliki penggorengan vacuum, bukan berarti anda tidak dapat membuat keripik nangka. Anda bisa menggunakan wajan biasa.

10. Ketika anda menggoreng buah nangka, gunakan minyak goreng yang banyak hingga keseluruhan buah nangka terendam seluruhnya. Serta penggorengan dilakukan dengan api yang besar. 

11. Goreng hingga matang dan kering dengan tan da buih sudah mulai berkurang bahkan menghilang.

12. Angkatlah keripik nangka yang telah kering kemudian tiriskan hingga benar-benar kering.

13. Simpanlah ke dalam wadah atau kantong plastik yang kedap udara untuk menjaga kerenyahan keripik nangka.

Nah sobat sekalian, itulah beberapa langkah dalam membuat keripik nangka. Semoga artikel Tips Cara Membuat Keripik Nangka Gurih Dan Renyah di atas dapat bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai Tips Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh. Terima kasih atas kunjungan anda dan selamat berakhir pekan.


Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku

Belum ada komentar untuk "Tips Cara Membuat Keripik Nangka Gurih Dan Renyah"

Post a Comment