Tips Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh
Picture by Google

Tips Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh, salah satu olahan dari kedelai adalah susu kedelai. Nah, pada artikel yang sedang anda baca ini berisikan informasi mengenai apa saja manfaat susu kedelai. Sehingga dengan mengetahui informasi ini kita akan lebih tahu lagi bahwa susu kedelai tidak hanya lezat namun juga menyehatkan.

Pada postingan sebelumnya saya sempat membahas mengenai manfaat kedelai. Namun pada kali ini bedanya yang di bahas adalah manfaat dari salah satu olahan dari kedelai yaitu manfaat susu kedelai. Karena memang banyak sekali manfaatnya maka tidak salah banyak orang yang menjadikan susu kedelai sebagai pengganti dari susu sapi.

Manfaat susu kedelai salah satunya adalah sebagai antioksidan. Namun selama ini kita tidak mengetahuinya sehingga kita sering mengabaikan dan menganggap remeh susu kedelai. Nah untuk membantu anda agar tidak meremehkan susu kedelai lagi, ada baiknya anda membaca beberapa informasi mengenai manfaat susu kedelai berikut ini.

Manfaat Susu Kedelai

1. Mencegah Osteoporosis
Susu kedelai mengandung phytoestrogen yang sangat bermanfaat dalam membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan juga dapat mencegah hilangnya massa tulang. Dengan fungsi yang demikian tentulah susu kedelai sangat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis.


2. Membuat Menopause Jadi Lebih Nyaman
Pada susu kedelai terdapat phytoestrogen yang dapat menggantikan hormon estrogen yang menurun drastis akibat menopause. Dengan demikian kita dapat mengatasi berbagai kendala yang diakibatkan oleh menurunnya hormon estrogen seperti mudah marah, depresi dan gangguan psikologis lainnya yang terjadi selama masa menopause. Bagi wanita yang rajin mengkonsumsi susu kedelai maka mereka akan lebih sehat dan akan nyaman dalam menjalani masa menopause.

3. Mencegah Penuaan Dini
Susu kedelai juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Hal ini bisa terjadi karena susu kedelai mengandung protein yang tinggi serta kaya akan zat anti-aging. Selain itu susu kedelai juga mengandung vitamin E. Dengan demikian jika kita rajin mengkonsumsi susu kedelai maka kulit kita pun akan terlihat lebih fresh dan segar alias awet muda.

4. Menurunkan Berat Badan
Susu kedelai mengandung kalori lebih sedikit dari jumlah kalori yang ada pada susu sapi. Selain itu susu kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menghambat penyerapan lemak di usus. Dan juga susu kedelai dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga sangat bermanfaat bagi anda yang sedang menjalani program diet.

5. Pengganti Susu Sapi Bagi Vegetarian
Kandungan gizi pada susu kedelai sangatlah besar seperti vitamin, mineral, protein, karbohidrat dan lemak dapat menjadikan susu kedelai sebagai pengganti susu sapi bagi para vegetarian.

6. Mencegah Migrain
Salah satu manfaat susu kedelai adalah mencegah migrain. Hal ini dikarenakan susu kedelai mengandung vitamin B kompleks, kalium dan asam amino yang sangat baik dalam mencegah dan meredakan migrain.

7. Menurunkan Kolesterol
Susu kedelai mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan juga asam lemak tak jenuh ganda yang dapat menghambat pengangkutan kolesterol ke dalam aliran darah.

8. Mencegah Penyakit Jantung Dan Stroke
Di dalam susu kedelai terdapat kandungan vitamin E yang dapat mencegah terjadinya penyakit stroke dan jantung koroner. Selain itu susu kedelai juga mengandung asam folat dan vitamin Be yang sangat baik dalam mencegah penyakit jantung. Serta kandungan magnesium pada susu kedelai dapat berfungsi mengontrol tekanan darah kita sehingga dapat lebih stabil.

9. Mencegah Diabetes Mellitus
Kandungan protein yang terdapat pada susu kedelai sangat mudah diterima oleh ginjal dibandingkan dengan protein hewani. Sehingga dengan mengkonsumsi susu kedelai tentu sangat baik bagi penderita diabetes.

10. Mengatasi Intoleransi Laktosa
Intoleransi laktosa diakibatkan terbatasnya enzim laktase yang berfungsi memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa agar lebih mudah dicerna usus. Dengan terbatasnya enzim ini pada tubuh tentu tubuh akan sangat kesulitan dalam menyerap laktosa yang banyak terdapat pada susu sapi. Sebagai gantinya anda dapat menggunakan susu kedelai sebagai pendamping ASI.

11. Sebagai Anti Kanker
Susu kedelai kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin E, isoflavon, seleniu dan genistein yang sangat baik dalam menangkal radikal bebas pemicu kanker. Dengan rajin mengkonsumsi susu kedelai tentunya akan semakin mengecilkan resiko anda terkena kanker.

12. Pengganti Susu Sapi Bagi Penderita Autis
Pada susu sapi terdapat kasein dan glutenin yang dapat mengganggu fungsi otak. Jika kita memberikan bahan makanan yang mengandung kasein dan glutenin pada anak penderita autis maka dapat menjadikan anak tersebut lebih hiperaktif. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mengatasinya dengan menggunakan susu kedelai sebagai pengganti susu sapi. Selain aman bagi penderita autis dan susu kedelai juga mengandung gizi tinggi.

Nah sobat sekalian, itulah beberapa manfaat dari susu kedelai. Semoga artikel Tips Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh di atas bisa bermanfaat bagi kita semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai Tips Mudah Cara Membuat Susu Kedelai Sehat. Terima kasih atas kunjungan anda dan selamat beraktivitas.


Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku

Belum ada komentar untuk "Tips Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment