Tips Mudah Cara Membuat Cuka Apel Sendiri

Tips Mudah Cara Membuat Cuka Apel Sendiri
Picture by Google

Tips Mudah Cara Membuat Cuka Apel Sendiri, cuka apel merupakan salah satu olahan yang bisa kita buat dari apel. Melalui artikel berikut ini saya mencoba untuk berbagi sedikit informasi mengenai cara membuat cuka apel. Semoga dengan mengetahui informasi ini menjadi inspirasi bagi anda untuk mengolah apel menjadi cuka apel.

Namun sebelum itu ada baiknya anda mengetahui cara memilih apel terbaik terlebih dahulu. Karena tentu seperti apa yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa dengan memilih apel terbaik tentu cuka apel yang kita hasilkan akan memiliki kualitas yang baik juga. Untuk itu silahkan anda baca artikel yang telah saya publish sebelumnya mengenai cara memilih buah apel kualitas terbaik.

Untuk membuat cuka apel sebenarnya caranya sangat mudah. Hanya saja selama ini kita belum mengetahui caranya sehingga kita sering menganggap bahwa cara membuat cuka apel itu sangat sulit. Untuk membantu anda semua mempelajari cara membuat cuka apel, silahkan saja anda baca beberapa informasi mengenai cara membuat cuka apel sendiri berikut ini.

Cara Membuat Cuka Apel

1. Siapkanlah beberapa buah apel segar yang ingin dibuat menjadi cuka.

2. Cucilah buah apel dalam keadaan utuh hingga bersih. Kemudian keringkan.

3. Setelah buah apel mengering, potonglah buah apel tanpa dikupas kulitnya dan tanpa dibuang bijinya. Agar fermentasi bisa lebih mudah sebenarnya anda bisa memblender apel tersebut terlebih dahulu.

4. Selanjutnya potong kembali buah apel menjadi ukuran sedang kemudian simpanlah dalam wadah yang terbuat dari kaca untuk menghindari reaksi terhadap cuka apel.

5. Berikutnya tutuplah wadah kaca yang telah di isi dengan apel tadi dengan kain yang terbuat dari bahan katun.

6. Simpanlah wadah berisi apel tersebut di tempat yang terlindung dan biarkan selama beberapa minggu hingga proses fermentasi terjadi secara sempurna.

7. Setelah beberapa minggu apel yang kita simpan tadi akan berubah menjadi cairan dengan bau tajam dan memiliki rasa yang keras menyengat atau yang kita kenal dengan sebutan cuka apel.

8. Cuka apel pun telah selesai di buat dan siap untuk di gunakan.

Nah sobat sekalian, itulah beberapa langkah dalam membuat cuka apel. Semoga artikel Tips Mudah Cara Membuat Cuka Apel Sendiri di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai cara membuat keripik apel yang renyah. Terima kasih atas kunjungan anda dan selamat berakhir pekan.


Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku

Belum ada komentar untuk "Tips Mudah Cara Membuat Cuka Apel Sendiri"

Post a Comment