Tips Mudah Cara Membuat Tahu Kedelai Sehat

Cara Membuat Tahu Kedelai Sehat
Picture by Google

Tips Mudah Cara Membuat Tahu Kedelai Sehat, Tahu merupakan salah satu pangan olahan dari kedelai. Melalui artikel yang sedang anda baca ini saya akan berbagi tips mengenai cara membuat tahu. Semoga dengan artikel ini bisa memberikan lebih banyak pilihan kepada kita untuk mengolah kedelai menjadi pangan olahan yang menyehatkan.

Sebelum anda mempelajari cara membuat tahu, ada baiknya anda mengetahui dulu manfaat kedelai yang merupakan bahan dasar dai tahu. Agar kedepannya kita tidak hanya membuat tahu hanya sekedar untuk coba-coba semata tetapi lebih karena kandungan gizi dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsinya. Untuk itu silahkan anda baca artikel yang saya posting sebelumnya mengenai manfaat kedelai.

Untuk membuat tahu sebenarnya caranya sangat mudah. Namun seperti biasa, kebiasaan kita adalah menganggap susah sesuatu hal yang kita belum mengetahui caranya. Untuk membantu anda sekalian dalam mempelajari cara membuat tahu. Ada baiknya anda baca langkah-langkah cara membuat tahu berikut ini.

Cara Membuat Tahu Kedelai

1. Pilihlah kedelai siap pakai yang berukuran besar tidak di gigit ulat, tidak rusak, tidak cacat, tidak memiliki warna hitam dan sebagainya, agar tahu yang kita hasilkan memiliki kualitas warna yang bagus.

2. Selanjutnya cucilah kedelai tersebut di bawah air bersih mengalir.

3. Rendamlah kedelai di dalam air bersih selama 8-10 jam, usahakan agar seluruh kedelai tenggelam sepenuhnya. Hal ini dilakukan agar kedelai empuk dan mengembang, selain itu juga agar mudah melepaskan kulit ari dari kedelai.

4. Selanjutnya cuci kembali kedelai sambil diremas-remas agar kulit ari terlepas dari kedelai. Lakukan pencucian ini berkali-kali dan usahakan sampai bersih agar kedelai tidak cepat asam.

5. Berikutnya hancurkanlah kedelai dengan cara di tumbuk dan sedikit demi sedikit ditambahkan air sampai kedelai berbentuk seperti bubur. Jika dirasa sulit cara ini bisa anda lakukan dengan alat yang lebih modern seperti blender dan mesin giling.

6. Rebuslah bubur kedelai yang telah kita giling tadi dengan suhu 70-80 derajat, biasanya ditandai dengan munculnya gelembung-glembung kecil pada kedelai yang direbus. Dan yang perlu di ingat adalah jaga agar rebusan ini jangan sampai mengental.

7. Berikutnya saringlah rebusan kedelai dengan kain untuk mendapatkan sari kedelai. Lakukan penyaringan berulang-ulang agar hasil sari kedelai yang kita dapatkan bisa maksimal.

8. Campurlah sari kedelai yang kita hasilkan dengan asam cuka dan serbuk batu tahu (sulfat tahu) agar terjadi penggumpalan atau endapan. Lakukan cara ini sambil di aduk perlahan agar proses penggumpalan yang kita dapat maksimal.

9. Tuangkan gumpalan hasil campuran sari kedelai yang mulai mengendap ke dalam cetakan yang telah terlebih dahulu diberi alas kain penyaring.

10. Press lah adonan tahu yang berada di dalam cetakan selama kurang lebih 2 menit agar air yang ada di dalam adonan tahu benar-benar terperas habis.

11. Potonglah tahu yang telah di press sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.

12. Tahupun telah jadi dan siap untuk disantap bersama-sama dengan keluarga anda tercinta.

Bagaimana sobat sekalian, sangat mudah bukan? Semoga artikel Tips Mudah Cara Membuat Tahu Kedelai Sehat di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai Tips Manfaat Tempe Kedelai Bagi Kesehatan. Terima kasih atas kunjungan anda dan selamat mencoba.


Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku

Belum ada komentar untuk "Tips Mudah Cara Membuat Tahu Kedelai Sehat"

Post a Comment