Tidak Disangka Tepung Dari Biji Nangka

Cara membuat tepung biji nangka dengan mudah
Picture by Google

Tidak Disangka Tepung Dari Biji Nangka, membantu anda dalam membuat tepung dari biji nangka. Sangat bermanfaat jika anda ingin membuat pangan dari cara yang berbeda. Selain itu cara yang digunakan untuk membuat tepung biji nangka ini pun terbilang simpel dan sederhana sehingga sangat mudah untuk dilakukan.

Lagi-lagi saya dibuat terkejut setelah sebelumnya saya dikejutkan oleh tepung dari biji alpukat dan tepung dari biji durian sekarang giliran tepung dari biji nangka yang mengejutkan saya. Selama ini biji nangka yang saya anggap tidak berguna dan enak sekali digunakan untuk melempar burung yang sedang makan tanaman padi ternyata bisa dimanfaatkan untuk pangan.

Kebanyakan dari kita selama ini tidak mengetahui kandungan yang terdapat pada biji nangka dimana pada biji nangka juga mengandung karbohidrat, protein dan energi, hal ini lah yang membuat biji nangka bisa di jadikan tepung sebagai pangan pengganti. Banyak sekali olahan yang bisa kita manfaatkan, diantaranya, bisa di buat tepung, sereal, susu dan roti.

Lalu bagaimana mengolah biji nangka ini agar bisa dimanfaatkan? jika anda bertanya seperti itu maka anda menemukan artikel yang tepat karena selanjutnya kita akan membahas cara untuk membuat tepung biji nangka. Namun sebelum itu ada baiknya anda membaca artikel cara memilih buah nangka kualitas terbaik terlebih dahulu, karena tentu dengan nangka terbaik kualitas tepung yang kita hasilkan juga akan baik. Baiklah tanpa panjang lebar lagi, untuk cara membuat tepung biji nangka bisa anda baca pada tutorial berikut ini.

Cara membuat tepung dari biji nangka

1. Cucilah biji nangka pada air bersih yang mengalir sampai bersih dan tidak ada yang licin lagi.

2. Rebuslah biji nangka pada air mendidih selama 10-15 menit untuk menghilangkan getahnya. Tambahkan arang dari batok kelapa untuk menghilangkan bau nangkanya. Carbon dari arang akan menyerap zat bau dari nangka.

3. Tiriskan dan dinginkan biji nangka yang telah matang kemudian irislah tipis-tipis dengan ketebalan 2-3 mm agar mudah dikeringkan.

4. Jemurlah biji nangka di bawah sinar mata hari untuk mengeringkannya selama 3-4 hari atau sampai dirasa cukup kering.

5. Haluskan irisan biji nangka yang telah kering menggunakan blender sampai menjadi bubuk atau tepung.

6. Ayaklah menggunakan penyaring untuk memisahkan bagian tepung yang halus dan yang kasar. Kumpulkan yang kasar kemudian di blender lagi untuk memperoleh tepung yang halus.

Tidak terlalu sulit bukan? semoga artikel Tidak Disangka Tepung Dari Biji Nangka ini bisa bermanfaat. jika anda mempunyai opini lain silahkan berikan komentar anda. Selain itu baca juga artikel lain mengenai Tips Cara Membuat Keripik Dari Biji Durian. Terima kasih atas kunjungan anda dan selalulah jaga silaturahmi.


Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku

Belum ada komentar untuk "Tidak Disangka Tepung Dari Biji Nangka"

Post a Comment