Tips Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Sehat

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Sehat
Picture by Google

Tips Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Sehat, salah satu olahan yang bisa kita buat dari kacang hijau adalah bubur kacang hijau. Melalui artikel yang sedang anda baca ini saya akan berbagi mengenai cara membuat bubur kacang hijau agar bisa menambah referensi kita mengenai apa saja pangan olahan yang bisa kita buat dari kacang hijau. Semoga artikel cara membuat bubur kacang hijau ini bisa bermanfaat.

Pada postingan sebelumnya saya telah mengulas berbagai macam mengenai kacang hijau mulai dari kandungan gizinya, manfaatnya bagi kesehatan, kecambah kacang hijau, susu kacang hijau dan lainnya. Nah untuk kali ini pun masih dengan tema yang serupa yaitu berbagai macam olahan kacang hijau yaitu bubur kacang hijau.

Bubur kacang hijau tentunya banyak sekali manfaat dan kandungan gizinya. Bila dilihat dari gizinya tentu bubur kacang hijau akan sangat bermanfaat sekali bagi pertubuhan tubuh terutama bagi anak-anak yang memang sedang dalam masa pertumbuhan. Belum lagi rasanya yang lezat dan tentunya mengenyangkan.

Cara membuat bubur kacang hijau sebenarnya sangat mudah. Hanya saja kita belum mengetahuinya makanya selama ini kita menganggapnya sulit. Nah, untuk membantu anda semua dalam mempelajari cara membuat bubur kacang hijau, sebaiknya anda membaca langkah-langkah dalam membuat bubur kacang hijau berikut ini.

Bahan :
1. Kacang hijau siap pakai sebanyak 250 gram
2. Santan kelapa siap pakai sebanyak 200 gram
3. Air sebanyak 1 liter
4. Daun pandan yang telah dibersihkan sebanyak 2 lembar
5. Gula pasir sebanyak 170 gram
6. Vanili sebanyak 1/2 sendok teh
7. Garam sebanyak 1/2 sendok teh


Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

1. Rendamlah kacang hijau di dalam air selama kurang lebih 2 jam. Hal ini bertujuan untuk melunakkan kacang hijau selain itu juga agar bubur kacang hijau nantinya cepat matang.

2. Berikutnya cucilah kacang hijau di air bersih mengalir lalu buanglah kacang hijau yang berwarna hitam, gepeng maupun rusak. Selanjutnya tiriskan.

3. Selanjutnya rebuslah air hingga mendidih.

4. Masukkan garam ke dalam air yang mendidih.

5. Selanjutnya tambahkanlah vanilla bubuk ke dalam rebusan air.

6. Berikutnya masukkanlah kacang hijau yang telah dibersihkan ke dalam air rebusan. Biarkan dan tunggu hingga kacang hijau menjadi empuk.

7. Masukkan gula pasir ke dalam rebusan bubur kacang hijau sedikit demi sedikit sambil dirasa. Apabila kurang manis gula pasirnya bisa ditambah.

8. Aduklah rebusan kacang hijau hingga mengental dan sampai kacang hijaunya menjadi matang. Tanda dari kacang hijau yang telah matang adalah biji-bijinya terlihat sudah mulai pecah.

9. Apabila kacang hijaunya telah matang, angkatlah rebusan kemudian masukkan ke wadah terpisah.

10. Rebuslah santan kemudian tambahkan 1/4 sendok teh garam dan irisan daun pandan lalu biarkan hingga mendidih. Angkat dan simpan pada wadah terpisah.


Cara Menyajikan Bubur Kacang Hijau

1. Masukkan kuah bubur kacang hijau ke dalam mangkuk atau gelas.

2. Siramlah bubur kacang hijau dengan santan sampai menjadi kuah.

3. Tambahkan ketan hitam matang ke dalam bubur kacang hijau, tapi bagi anda penderita maag sebaiknya hindari menambahkan ketan hitam.

4. Sajikan bubur kacang hijau di tengah-tengah keluarga anda selagi hangat

5. Jika dalam cuaca terik, bubur kacang hijau bisa anda sajikan dalam kondisi dingin dan tambahkan ES agar menyegarkan.

Nah sobat sekalian, itulah beberapa langkah dalam membuat bubur kacang hijau. Semoga artikel Tips Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Sehat di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai Tips Cara Membuat Susu Kacang Hijau Sehat. Terima kasih atas kunjungan anda dan selalulah penuh semangat.


Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku

Belum ada komentar untuk "Tips Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Sehat"

Post a Comment