Tips Cara Membuat Susu Kacang Hijau Sehat

Cara Membuat Susu Kacang Hijau Sehat
Picture by Google

Tips Cara Membuat Susu Kacang Hijau Sehat, banyak sekali olahan yang bisa kita lakukan pada kacang hijau dan salah satunya adalah dengan menjadikannya sebagai minuman. Pada artikel yang sedang anda baca ini berisikan cara membuat susu kacang hijau sebagai alternatif pangan olahan dari kacang hijau. Semoga artikel ini menambah referensi dan pengetahuan kita mengenai berbagai macam olahan dari kacang hijau.

Susu kacang hijau merupakan salah satu olahan dari kacang hijau yang sangat digemari. Selain rasanya yang lezat tetapi juga kandungannya yang menyehatkan karena berisikan sari-sari dari kacang hijau yang sudah dihaluskan. Serta menikmatinya pun akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga.

Untuk membuat susu kacang hijau sebenarnya tidaklah sesulit seperti apa yang kita bayangkan. Selama ini kita menganggapnya sulit karena kita belum tau saja cara mengolahnya. Nah, untuk membantu anda agar tidak kesulitan dalam membuat susu kacang hijau, silahkan saja anda baca beberapa langkah dalam membuat susu kacang hijau berikut ini.

Bahan :
1. 100 gr kacang hijau atau bagi anda yang suka susunya agak kental bisa ditambah menjadi 150 gr kacang hijau.
2. 150 gr gula merah.
3. 250 gr gula pasir.
4. 1/2 ruas jari jahe (alternatif)yang telah dikupas kulitnya.
5. 2 liter air.


Cara Membuat Susu Kacang Hijau


1. Cucilah kacang hijau pada air bersih mengalir sambil di remas-remas. Kemudian rendamlah kira-kira selama 1-2 jam. Ini bertujuan untuk melepaskan kulit kacang hijau.


2. Selanjutnya rebuslah 2 liter air hingga mendidih, kemudian masukkan rendaman kacang hijau hingga melunak.


3. Berikutnya masukkan gula merah ke dalam rebusan kacang hijau dan aduk hingga larut, lalu matikan apinya dan biarkan hingga dingin.


4. Setelah dingin, saringlah air rebusan kacang hijau dan tempatkan air rebusan kacang hijau dalam wadah lain.


5. Lalu blenderlah kacang hijau ditambah air, sebagian gula dan jahe jika mau.


6. Selanjutnya saringlah hasil blenderan dan masukkan hasil saringannya ke air rebusan kacang hijau sebelumnya.


7. Selanjutnya ampas kacang hijau hasil saringan di masukkan ke blender lagi, tambahkan air dan gula.


8. Selanjutnya hasil blender di saring kembali dan masukkan ke air rebusan kacang hijau sebelumnya. Lakukan cara ini sampai tidak ada lagi ampas kacang yang tersisa. Atau jika sudah di rasa sulit, langsung di buang saja ampas kacang hijaunya tapi hal ini akan mengurangi kekentalan susu kacang hijaunya.


9. Berikutnya rebuslah air rebusan kacang hijau yang telah dicampur dengan sari kacang hijau hingga mendidih, tambahkan sedikit garam jika suka.


10. Sajikan minuman susu kacang hijau di tengah-tengah keluarga anda selagi hangat. Bisa juga di sajikan dengan di campur Es jika cuaca sedang terik.


Nah sobat sekalian, itulah beberapa langkah dalam membuat susu kacang hijau. Semoga artikel Tips Cara Membuat Susu Kacang Hijau Sehat di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai Tips Cara Membuat Kecambah Kacang Hijau Yang Sehat. Terima kasih atas kunjungan anda dan tebarlah sukacita di manapun anda berada.


Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku

Belum ada komentar untuk "Tips Cara Membuat Susu Kacang Hijau Sehat"

Post a Comment