Tips Cara Membuat Kecambah Kacang Hijau Yang Sehat

Tips Cara Membuat Kecambah Kacang Hijau Yang Sehat
Picture by Google

Tips Cara Membuat Kecambah Kacang Hijau Yang Sehat, banyak sekali olahan yang bisa kita lakukan dengan kacang hijau dan salah satunya adalah dengan menjadikan kacang hijau sebagai kecambah kacang hijau. Pada artikel yang sedang anda baca ini saya akan berbagi tips mengenai cara membuat kecambah kacang hijau agar kita tidak harus membeli kecambah kacang hijau di pasar karena kecambah kacang hijau bisa kita buat sendiri dan caranya pun sangat mudah.

Kacang hijau jika sudah tumbuh menjadi kecambah kacang hijau maka ada sebagian kandungannya yang akan jauh lebih meningkat seperti antioksidan. Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca tulisan saya sebelumnya mengenai apa itu kacang hijau dan kandungan gizinya. Pada artikel tersebut anda akan menemukan berbagai informasi mengenai kandungan gizi yang terdapat pada kacang hijau secara lengkap.

Nah sobat sekalian, jika anda telah mengetahui kandungan dari kecambah kacang hijau, maka jangan segan-segan lagi untuk membuat kecambah kacang hijau. Karena memang membuat kecambah kacang hijau caranya sangat mudah. Jika anda ingin mengetahuinya, silahkan anda baca cara membuat kecambah kacang hijau berikut ini.
 
Bahan :
1 Kg kacang hijau
Air bersih 

Peralatan :
1. Nampan berlubang seperti saringan, bakul, kukusan, atau memang nampan yang sengaja kita beri lubang-lubang pada dasarnya.
2. Baskom
3. Serbet bersih

Cara Membuat Kecambah Kacang Hijau

1. Buanglah kacang hijau yang hitam dan juga gepeng karena tidak akan tumbuh dan kalau di biarkan maka akan mengganggu pertumbuhan kacang hijau lain.

2. Cucilah kacang hijau di air yang mengalir sampai bersih karena kalau tidak bersih akan mempengaruhi kualitas kecambah kacang hijau sebab warnanya akan menjadi kecoklatan.

3. Rendamlah kacang hijau tersebut pada air bersih selama dua jam.

4. Gunakan serbet bersih sebagai alas pada nampan yang berlubang, kemudian tiriskan atau sebaran kacang hijau yang telah di rendam ke atas alas serbet. Selanjutnya siram dengan air bersih sampai alas serbet basah merata.

5. Tutuplah nampan berisi kacang hijau tersebut menggunakan serbet bersih lainnya, atau juga bisa menggunakan daun pisang.

6. Letakkan nampan berisi kacang hijau ke dalam baskom agar airnya tidak berserakan kemana-mana.

7. Angkat nampan berisi kacang hijau dari baskom kemudian siramlah dengan air bersih sampai dirasa siraman air telah merata pada seluruh kacang hijau. Lakukan penyiraman ini sebanyak 3-5 kali sehari dengan jedah waktu yang sama misalnya setiap 5 jam sekali.

8. Jika penyiraman dilakukan secara rutin maka pada hari ke 3 anda sudah bisa memanen kecambah kacang hijau berukuran pendek.

9. Jika penyiraman diteruskan sampai hari ke 4 atau hari ke 5 maka anda akan memperoleh kecambah kacang hijau dengan ukuran yang panjang.

10. Bersihkan kecambah yang telah di panen dari kulit kacang hijau dengan cara di cuci berulang-ulang.

11. Perlu ada ketahui bahwa semakin sering anda menyiram maka akan semakin cepat pula pertumbuhan kecambah kacang hijau dan akan semakin gemuk pula kecambah kacang hijau yang di hasilkan.

Nah sobat sekalian, itulah beberapa tahapan dalam membuat kecambah kacang hijau. Semoga artikel Tips Cara Membuat Kecambah Kacang Hijau Yang Sehat di atas bisa bermanfaat bagi ada semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai Tips Mudah Cara Membuat Tepung Kacang Hijau. Terima kasih atas kunjungan anda dan selalulah berbagi senyum.


Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku

Belum ada komentar untuk "Tips Cara Membuat Kecambah Kacang Hijau Yang Sehat"

Post a Comment