Tips: Apakah Visitor Blog Anda Sedang Turun Drastis?

Visitor Blog Turun Drastis
Picture by Google

Tips: Apakah Visitor Blog Anda Turun Drastis? Jika pertanyaan itu ditujukan kepada anda kira-kira apa jawaban anda? saya yakin jawaban anda adalah iya. Hal ini pula yang sedang saya alami lewat blog ini. Untuk itu melalui artikel ini saya mencoba untuk berbagi pengalaman mengenai visitor blog saya yang turun secara drastis. Semoga dengan mengetahui informasi ini membuat anda tidak kaget lagi ketika mengalaminya.

Sebenarnya sudah lama saya ingin membuat artikel mengenai hal ini. Tetapi dengan melihat visitor blog yang tiap hari makin turun, semakin di update semakin turun, membuat semangat saya menjadi turun dan malas untuk melakukan update sehingga memutuskan untuk menunda membuat artikel yang sedang anda baca ini.

Saya sendiri merupakan seorang pemula dalam dunia blogging atau biasanya kita sebut dengan newbie. Jika anda melihat archive pada blog saya maka seumuran itulah saya secara serius mulai aktif di dunia blogging walaupun sebelumnya saya pernah mempunyai blog tetapi hanya coba-coba semata, begitu dibuat langsung di tinggal.

Sebagai seorang newbie dengan blog yang sederhana tentu mendapatkan 1000 visitor per day merupakan hal yang luar biasa dan sangat di tunggu-tunggu dan hal itu pula yang saya alami bersama blog kesayangan saya ini. Blog saya tembus 1200an visitor per day pada pertengahan puasa kemarin. Namun apa daya, badai itu pun datang, hari-hari berikutnya visitor blog saya turun dan semakin menurun bahkan mencapai 300an visitor per hari. Sungguh ironi.

Visitor blog turun terus-menerus

Berbagai hal telah saya coba lakukan, mulai dari menyalahkan Google Panda dan Google Pinguin, memperbaiki artikel yang saya anggap kurang maksimal, rajin update artikel setiap harinya. Dan hasilnya bisa dibilang sia-sia, visitor tetap saja semakin turun. Sebuah shock terapi bagi blogger pemula, yang tidak kuat mental bakalan menyerah, hhe. Lihat gambar pageviews blog saya yang naik kemudian turun lagi.

Visitor blog turun akibatkan pageviews juga turun
 
Visitor blog yang turun sebenarnya hal yang biasa, namun penyebabnya yang harus kita ketahui. Saya telah mencoba mencari-cari penyebabnya dan dari berbagai informasi ternyata bulan puasa juga berpengaruh terhadap turunnya visitor blog, terutama blog yang mayoritas pengunjungnya berasal dari Indonesia.

Pada awal bulan puasa biasanya visitor blog kita akan meningkat hal ini dikarenakan orang-orang memiliki waktu lebih untuk online. Sedangkan dua minggu menjelang akhir bulan puasa biasanya visitor kita akan menurun drastis. Hal ini dikarenakan orang-orang melakukan persiapan untuk lebaran baik itu untuk berbelanja keperluan lebaran maupun persiapan untuk mudik sehingga waktu untuk online berkurang.

Hal diatas bisa saya lihat korelasinya dari peringkat alexa rank di blog saya yang walaupun visitornya turun tetapi peringkat alexa ranknya malah meramping. Dari sini saya menyimpulkan bahwa blog lain yang peringkatnya hampir sama dengan saya juga mengalami hal serupa bahkan visitornya turun lebih besar dari saya sehingga peringkat alexa saya malah meramping.

Jadi apa yang harus kita lakukan? Bagi sobat yang mengalami hal di atas pada bulan diatas jangan langsung panik, tetap kalem. Jangan lakukan update yang berlebihan, cukup lakukan update seperti biasa yang kita lakukan. Dengan cara seperti ini insya Allah visitor pada blog kita akan kembali normal seperti biasanya.

Nah sobat sekalian, itulah sedikit pengalaman mengenai visitor turun yang saya alami. Semoga artikel Tips: Apakah Visitor Blog Anda Sdang Turun Drastis di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai Google Dance sebabkan traffic blog saya meningkat. Terima kasih atas kunjungan anda dan selamat beraktivitas.


Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku

1 Komentar untuk "Tips: Apakah Visitor Blog Anda Sedang Turun Drastis?"