Tips: Tepung Dari Biji Alpukat, Masa Sih?

Cara membuat tepung dari biji alpukat dengan mudah
Picture by Google

Tips: Tepung Dari Biji Alpukat, Masa Sih? mungkin itu reaksi yang anda berikan ketika membaca judul tepung biji alpukat di atas. Reaksi seperti itupun yang saya berikan ketika mendengar berita mengenai tepung biji alpukat ini di salah satu stasiun TV swasta. Luar biasa, kita tidak menyangka kalau ternyata biji alpukat yang saya pikir fungsi utamanya adalah untuk melempari maling ternyata bisa dimanfaatkan menjadi tepung, how come.

Selanjutnya saya pun mencari-cari kebenaran berita yang saya dengar itu di internet dan ternyata benar. Di tangan anak-anak muda kreatif ternyata biji alpukat tidak hanya dibuat menjadi tepung biji alpukat saja, tetapi juga sudah dibuat olahannya yaitu pizza biji alpukat. Dan bahkan produknya ini telah menghasilkan uang dengan pemasaran melalui internet. Luar biasa.

Anak-anak muda kreatif yang memanfaatkan biji alpukat ini adalah lima sekawan anak muda yang berasal dari Universitas Brawijaya dan kelimanya adalah wanita. Mereka adalah Diyah Ayu Safitri, Presticia Rosa Indri Wardani, Sumini dan Yuni Basuki dari Fakultas Pertanian Serta Afifah Puji Hastuti dari Fakultas Teknologi Pertanian. Dan ide mereka ini berawal dari meningkatnya angka impor tepung sehingga mereka tergerak untuk membuat produk pangan yang disukai masyarakat dengan harga terjangkau.

Manfaat biji alpukat sendiri diantaranya untuk obat magh dan diabetes mellitus. Jadi bagi anda penderita diabetes dijamin aman untuk menikmati pizza yang diolah dari tepung biji alpukat ini. Dan terlebih lagi pizza yang mereka buat ini menggunakan gula rendah kalori sehingga dapat menekan dampak obesitas.

Cara Membuat Tepung Biji Alpukat

1. Kumpulkan biji alpukat segar sebanyak 25 buah untuk membuat 1 kg tepung biji alpukat.

2. Cuci bersih biji alpukat lalu irislah menjadi potongan-potongan kecil.

3. Untuk menghilangkan rasa pahit pada biji alpukat, rebuslah biji alpukat pada air mendidih selama 10-15 menit.

4. Selanjutnya jemurlah biji alpukat selama 5-6 hari di bawah terik matahari.

5. Haluskan potongan biji alpukat yang telah kering menggunakan blender sampai halus dan menjadi bubuk atau tepung. Tepung biji alpukat pun telah selesai kita buat.

6. Selanjutnya jika anda ingin membuat pizza dari tepung biji alpukat, tambahkan tepung terigu agar tepung biji alpukat bisa mengembang dengan perbandingan 4 tepung biji alpukat banding 1 tepung terigu.

Tidak disangka sampai juga di bagian akhir. Bagaimana tips cara membuat tepung biji alpukat di atas, sangat mudah bukan? Apakah sekarang anda tertarik untuk mencoba apa yang dilakukan anak-anak muda kreatif di atas misalnya membuat tepung menggunakan biji durian atau mangga ataupun biji-biji buah yang lainnya :).
 
Pada paragraph penutupan ini, semoga artikel Tips: Tepung Dari Biji Alpukat, Masa sih? di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai Cara Memilih Pepaya Dengan Tingkat Kematangan Sempurna. Terima kasih atas kunjungan anda dan selamat beraktivitas.

Sumber : memobee.com


Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku

1 Komentar untuk "Tips: Tepung Dari Biji Alpukat, Masa Sih?"

  1. apakah setelah direbus biji alpukat mengalami perubahan warna ?

    ReplyDelete