Bagaimana Cara Menghilangkan Tag Judul Duplikat?

Bagaimana Cara Menghilangkan Tag Judul Duplikat? bagi anda yang mencari artikel cara menghilangkan tag judul duplikat saya ucapkan selamat. Karena artikel yang sedang anda baca ini berisikan cara-cara untuk menghilangkan tag judul duplikat, sangat bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah banyaknya tag judul duplikat yang terlacak di webmaster tool. Selain itu cara yang digunakan sangat mudah dan sederhana, sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja.

Bagi anda blogger pemula termasuk saya mungkin belum mengetahui apa yang namanya tag judul duplikat. Tag judul duplikat ini indikasi bahwa di blog kita ada artikel yang memiliki judul yang sama, namun ini dirasa sangat jarang terjadi. Biasanya duplikat ini adalah artikel yang memiliki URL berbeda, misal nya satu dari url yang kita buat dan url yang lainnya adalah pembacaan dari label. Nah inilah yang menyebabkan adanya tag judul duplikat.

Tag judul duplikat ini sangat tidak di inginkan keberadaannya dan Google sangat membenci apapun yang namanya duplikat. Sehingga efek yang dirasakan adalah mulai sepinya traffic pengunjung ke blog kita akibat SERP agak mengabaikan blog kita karena adanya duplikat tadi. Tentu hal ini juga akan berpengaruh pada peringkat alexa ranka blog yang susah payah kita langsingkan tiba-tiba menjadi gemuk kembali. Sangat berbahaya bukan?

Hal ini pula yang saya rasakan pagi tadi. Beberapa hari ini memang traffic ke blog saya agak menurun, tapi berhubung saya blogger pemula dan blog saya juga masih baru jadi saya menganggap hal itu merupakan hal yang wajar. Jadi saya tidak terlalu khawatir dan merasa biasa-biasa saja.

Namun pagi tadi saya iseng-iseng mengutak atik webmaster tool dan masuk lah saya ke Penyempurnaan HTML dan di sinilah saya menemukan kejanggalan di sana. Saya menemukan tulisan Tag judul duplikat dan ada angka dua di ujungnya. Setelah saya searching di internet ternyata keberadaan tag judul duplikat ini sangat berbahaya, bisa mempengaruhi pencarian terhadap blog yang kita miliki. Berikut ini tampilannya.

memeriksa tag judul duplikat di webmaster tool blog anda

Tentu saja hal ini membuat saya jadi panik. Saya pun menemukan korelasi antara menurunnya traffic pada blog saya dengan apa yang saya temukan mengenai tag judul duplikat. Ternyata inilah penyebabnya. Bagaimana cara mengatasinya? itu yang ada di benak saya.

Tapi sobat tidak perlu khawatir, ternyata Google sendiri telah memberikan atau memfasilitasi cara untuk mengatasi tag judul duplikat. Bahkan indikator pendeteksinya juga telah disediakan yaitu melalui Penyempurnaan HTML di webmaster tool anda, jadi sering-seringlah untuk memantaunya. Sedangkan cara untuk mengatasi tag judul duplikat, anda bisa mengikuti langkah-langkah pada tutorial berikut ini.

Cara Menghilangkan Tag Judul Duplikat

1. Untuk menghilangkan tag judul duplikat anda terlebih dahulu masuk webmaster tool dan klik blog anda.

2. Berikutnya klik pengoptimalan dan pilih penyempurnaan HTML.

3. Di sana anda dapat melihat tag judul duplikat dan jika ada angka di ujungnya itu menandakan bahwa ada artikel yang mempunyai URL ganda. Silahkan klik tag judul duplikat yang ada di sana. Perhatikan gambar.

cara mengatasi tag judul duplikat pada blog

4. Silahkan anda copy atau salin URL yang ingin anda hapus. Jika URL nya terlalu banyak, ada baiknya anda menyalin semua URL terlebih dahulu ke notepad.

5. Kembali ke pilihan pengoptimalan lalu pilih hapus URL.

6. Berikutnya silahkan klik Buat permintaan penghapusan baru. Perhatikan gambar.

submit url untuk dihapus dari tag judul duplikat webmaster tool

7. Selanjutnya silahkan paste atau tempel URL yang ingin anda hapus, lalu klik terus.

8. Selanjutnya akan tampil halaman konfirmasi, silahkan klik Kirim Permintaan. Lihat pada gambar.

proses menghapus tag judul duplikat pada webmaster tool

9. Silahkan ulangi langkah 5 sampai langkah 8 untuk menghapus URL yang ingin anda hapus lainnya, hal ini dilakukan karena kita dapat menghapus semua URL sekaligus.

10. Setelah semua URL telah anda hapus, nanti akan ada halaman waiting list yang menampilkan semua URL yang ingin kita hapus sedang menunggu eksekusi dari Google. Berikut ini tampilannya.

List url tag judul duplikat yang akan dihapus di webmaster tool

11. Tunggu beberapa hari maka url duplikat akan dihapus oleh Google. Atau juga silahkan cek secara berkala untuk memastikan URL kita telah di hapus atau tidak.

12. Selesai, dan saya ucapkan selamat.

Itulah beberapa langkah untuk mengatasi Tag Judul Duplikat, semoga artikel Bagaimana Cara Menghilangkan Tag Judul Duplikat? di atas bisa bermanfaat. Selain itu jangan lupa berikan komentar anda. Baca juga artikel lain mengenai Apa Manfaat Peringkat Alexa Rank Bagi Blog Anda?. Terima kasih atas kunjungan anda dan selamat beraktivitas.

UPDATE :

Tag judul duplikat sudah mulai menghilang sebagian pada blog

Tidak lama setelah artikel ini saya publish, tag judul duplikat pada blog saya meningkat menjadi 19, nah alhamdulillah pada malam ini tag judul duplikat saya sudah berkurang dan tersisa 13 tag judul duplikat, bisa anda lihat pada gambar di atas. Semoga kedepannya dapat berkurang lagi.


Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku

2 komentar untuk "Bagaimana Cara Menghilangkan Tag Judul Duplikat?"

  1. kalau judul duplikat nya banyak,berarti harus bersabar ya. . hhe

    ReplyDelete
  2. wahh maksih mas punya saya parah liyat di www.liric.top

    ReplyDelete